Ini Dia Gejala Gagal Ginjal Kronis Yang Harus Diketahui

Sebelum kita membahas mengenai gejala gagal ginjal kronis, ada baiknya jika kita mengenal apa itu gagal ginjal kronis terlebih dahulu. Gagal ginjal kronis merupakan sebuah penyakit yang membuat fungsi pada organ penting ini mengalami gangguan sehingga tidak berfungsi secara baik. Biasanya penyakit yang satu ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu akut dan kronis. Dimana penyakit yang kronis lebih berbahaya jika dibandingkan dengan gagal ginjal akut. Dan biasanya, penyakit si penderita akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit ketika mereka melakukan pengobatan. Umumnya, penyakit yang satu ini akan menyerang orang-orang dewasa yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit yang tidak baik. Namun tidak menutup kemungkinan jika anak-anakpun bisa mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan ini. Lalu apa saja gejala gagal ginjal kronis yang harus kita ketahui agar bisa dilakukan pencegahan secepatnya?

  • Adanya urine dalam darah ( Hematuria)

Gejala yang satu ini biasanya menjadi gejala awal yang menjadi penanda bahwa si pasien memiliki masalah dengan ginjal mereka. Anda bisa mengeceknya melalui warna urine yang tidak biasanya dikeluarkan. Jika anda mulai curiga dengan adanya sel-sel darah yang tidak kasat mata, ada baiknya jika anda segera menghubungi dokter terdekat untuk melakukan konsultasi sehingga bisa dilakukan pemeriksaan laboratorium.

  •  Adanya pembengkakan secara simetris pada kaki kiri dan kanan

Gejala ini bisa dilihat langsung, dan gejala yang satu ini memiliki hubungan dengan saluran kandung kemih yang ada pada tubuh kita. Pembengkakan terjadi karena adanya masalah dengan produksi urine yang dihasilkan. Jika anda tiba-tiba merasa ada yang aneh dengan kedua kaki anda yang terasa bengkak dengan bentuk yang sama, maka segera periksakan ke dokter. Siapa tahu hal ini menjadi pertanda bahwa ginjal yang ada dalam tubuh anda tidak berfungsi dengan baik.

download (11)
  • Adanya penurunan produksi urine secara tidak wajar

Jika disebutkan sebelumnya bahwa pada umumnya keitka seseorang dalam kondisi yang sehat, mereka akan memproduksi setidaknya 1-2 liter urine setiap harinya. Maka bisa dikatakan bermasalah apabila tubuh tidak menghasilkan sesuai dengan ketentuan kesehatan yang ada.

  • Hipertensi

Masalah yang satu ini biasanya akan menyerang orang dewasa, namun belakangan ini. Anak-anakpun bisa mendapatkan masalah yang sama akibat hipertensi. Hipertensi sendiri tidak hanya menyebabkan kegagalan pada ginjal, akan tetapi masalah otak ataupun stroke. Jadi jika kegagalan ginjal terjadi pada anak-anak, biasanya mereka akan mengalami masalah dengan pertumbuhan mereka. Sehingga ada baiknya, jika si anak sudah terlanjur mengalami gangguan fungsi ginjal. Anak tersebut mendapatkan transplantasi ginjal sehingga mereka bisa menjalani kehidupan yang normal. Atau bisa jadi anak tersebut melakukan cuci darah sehingga bisa mencegah hal buruk terjadi.

  • Anemia ginjal

Mengapa anemia ginjal menjadi salah satu penyebab adanya kegagalan pada fungsi ginjal? Hal ini dikarenakan anemia ginjal sendiri memiliki tugas untuk membentuk sel darah merah dalam tubuh. Sehingga ketika seseorang tersebut memiliki gangguan para ginjal mereka maka mereka akan mengalami anemia. Karena produksi darah yang tidak berjalan lancar, sehingga mereka cenderung kekurangan darah sehat.

Selain dari yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi penyebab yang menjadikan seseorang bisa terkena gagal ginjal. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait dengan gejala gagal ginjal pada tubuh, ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter terpercaya anda.

Sumber :

www.halodoc.com

www.lifestyle.okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *